Renstra
Untuk mewujudkan organisasi yang adaptif, transformatif, dan berkelanjutan tersebut ke depan, Departemen ESL perlu menetapkan arah pengembangan organisasi yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis (Renstra) terintegrasi yang memuat perencanaan program dan strategi pengembangan departemen berdasarkan visi dan misi Departemen ESL, Fakultas, dan IPB. Renstra Departemen ESL 2024-2028 menjadi acuan Departemen ESL dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan keilmuan, dan tata kelola organisasi dalam lima tahun ke depan.
Strategi Pengembangan Departemen ESL 2024 – 2028
Strategi pengembangan organisasi diarahkan pada penguatan transformasi organisasi Departemen ESL yang unggul, adaptif dan kolaboratif. Pengembangan organisasi tersebut dilakukan secara bertahap dalam lima tahun kedepan untuk menuju organisasi yang unggul yang dituangkan sebagai Milestone Departemen ESL 2024-2028. Milestone ini menjadi panduan dalam arah pengembangan organisasi Departemen lima tahun kedepan. Adapun tahapan pengembangan organisasi tersebut setiap tahunnya adalah sebagai berikut:
Tahun Pertama (2024), Improving Governance. Penguatan organisasi di tahap awal dilakukan melalui perbaikan dan penguatan tatakelola organisasi (improving governance) yang lebih akuntabel dan transparan. Akuntabel dilakukan melalui penguatan sistem audit internal dan penjaminan mutu secara berkala dalam penyelenggaraan pendidikan. Transparan dilakukan melalui pengembangan mekanisme pelaporan administrasi pendidikan dan keuangan secara transparan
dan terbuka kepada seluruh pemangku kepentingan di Departemen ESL.
Tahun Kedua (2025), Resilient Human Resources and Excellent Services. Penguatan sumberdaya manusia, baik dosen maupun tenaga kependidikan, serta peningkatan pelayanan prima untuk akademik dan kemahasiswaan. Penguatan sumberdaya manusia dosen dilakukan melalui peningkatan kompetensi (seperti sertifikasi profesi, pelatihan, dan lainnya). Sementara peningkatan kualitas pelayanan dilakukan melalui penguatan budaya kerja dan pembenahan sistem pelayanan akademik dan kemahasiswaan (seperti POB, sistem database, dan lainnya).
Tahun Ketiga (2026), Adaptive Curriculum. Pengembangan kurikulum yang adaptif terhadap perubahan dinamika lingkungan internal dan eksternal departemen, serta relevan dengan perkembangan IPTEK khususnya dalam bidang ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan.
Tahun Keempat (2027), Collaborative Research. Pengembangan kerjasama riset dengan berbagai institusi, baik dalam maupun luar negeri, yang berdampak terhadap masyarakat, peningkatan networking departemen, pengembangan keilmuan, kapasitas dosen dan mahasiswa, dan publikasi departemen.
Tahun Kelima (2028), Prominent Department in Agriculture, Resources, and Environmental Economics. Peningkatan capaian organisasi unggul sesuai visi misi departemen yaitu menjadi departemen unggul di tingkat nasional dan internasional dalam pengembangan ilmu ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan yang dicirikan dengan pencapaian akreditasi unggul dan akreditasi internasional.
Gambar Milestone Departemen ESL 2024-2028