Musyawarah Pembentukan Pengurus Himpunan Alumni Program Pascasarjana EPN – IPB 2024

Bogor – Musyawarah Pembentukan Pengurus Himpunan Alumni Program Pascasarjana EPN – Institut Pertanian Bogor (IPB) berlangsung sukses digelar pada Jumat tanggal 12 Januari 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta secara langsung di Ruang Zeta B4.10 Sekolah Vokasi IPB jalan Padjajaran dan 55 peserta secara daring melalui zoom meeting.Acara ini dimulai dengan rangkaian pembukaan yang diawali oleh sambutan dari Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian, Prof. Yusman Syaukat. Dalam sambutannya, Prof. Yusman Syaukat mengingatkan sejarah terbentuknya ikatan alumni EPN IPB pada tahun 2021 dan memberikan gambaran pentingnya keberadaan Himpunan Alumni untuk meningkatkan silaturahmi, memberikan kontribusi akademis dan profesional, serta menjadi panutan bagi mahasiswa.
Berita acara pelantikan Ketua Umum AAAE terpilih Dr. Handito Joewono diserahkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian Prof. Dr. Ir. Yusman Syaukat, M.Ec, didamping Ketua Departemen ESL IPB Dr. Adi Hadianto, SP, M.Si, dan Dr. Nia Kurniatiwati Hidayat, S.P., M.Si. Sambutan selanjutnya datang dari Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Dr. Lukytawati Anggraeni yang mewakili Dekan FEM. Dr. Lukytawati menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Dekan dan menekankan pentingnya penguatan ikatan alumni dalam mendukung citra dan reputasi prodi.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Nia Kurniatiwati Hidayat dan Birka Septiani sebagai master of ceremony, yang memperkenalkan narasumber-narasumber utama, antara lain Dr. Adi Hadianto, Prof. Yusman Syaukat, dan Dr. Handito Joewono. Dr. Adi Hadianto Ketua Departemen ESL FEM IPB, menyampaikan sejarah dan perkembangan Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN) di IPB. Ia menjelaskan perubahan kebijakan di tahun 2005 yang menggabungkan EPN dalam satu fakultas dengan berbagai jenis ilmu ekonomi. Prof. Yusman Syaukat melanjutkan dengan memaparkan awal terbentuknya EPN dan prodi unggulan lain di IPB. Ia juga menyoroti pentingnya peran EPN dalam konteks pertanian sebagai esensi penting bagi negara.
Dr. Nia Kurniatiwati Hidayat menyoroti keunikan mata kuliah di Pascasarjana EPN dan menekankan peran penting ekonomi pertanian dalam pengembangan PDB Indonesia. Ia juga menyampaikan rencana seminar nasional tentang Agro-maritim oleh Himpunan Alumni IPB. Berbagai pandangan dan ide disampaikan oleh alumni EPN, seperti Frans Haryanto yang menekankan luasnya prospek ekonomi pertanian dan pentingnya sinergi antara himpunan mahasiswa dan alumni. Muhammad Mulawarmansyah menegaskan pentingnya pemimpinan yang kontinyu dan hubungan yang erat dengan para alumni ternama. Hariyanto membahas peran ekonomi pertanian dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar internasional, sementara Widiyastutik menyarankan agar EPN bekerja sama dengan para pengambil kebijakan untuk memberikan rekomendasi kebijakan yang tepat.
Acara ditutup dengan pernyataan dari Prof. Yusman, Dr. Nia, Dr. Adi, dan Dr. Handito, yang menyampaikan pesan tentang peran penting pertanian dalam perekonomian Indonesia, pentingnya kontribusi mahasiswa pasca EPN, serta upaya meningkatkan eksistensi prodi EPN di masyarakat.Kepengurusan baru Himpunan Alumni EPN IPB untuk periode 2024-2028 juga telah terbentuk dengan Dr. Handito Joewono sebagai Ketua Umum. Struktur pengurus baru mencakup sejumlah nama-nama yang berpengalaman dan telah memberikan kontribusi signifikan terhadap prodi EPN.
Ketua Umum: Dr. Handito Joewono, Ketua internal 1: Prof. Dr. Arif Imam Santoso, Dr. Dina Nurul Fitria, dan
Dr. Agus Joko, Ketua Scientific dan jurnal: Dr. Sahara, SP, M.Si, Bendahara: Dr. Dwi Rahmina, Ketua 4 (Pengembangan organisasi, data base, dan perencanaan bisnis: Rasidin Karo – Rakto, Dr. Dwi Rahmina, Dr. Handewi, Sekretariat: Nia Kurniatiwati Hidayat, Penasihat: Prof. Yusman, Prof. Bonar, dan Sehatony. Dengan terbentuknya pengurus baru, diharapkan Himpunan Alumni EPN IPB dapat semakin aktif dan efektif dalam mendukung pengembangan Prodi, menjalin kerja sama dengan pihak terkait, dan memberikan kontribusi positif bagi pertanian dan ekonomi Indonesia. (Beritaekspor.com)

Sumber: https://beritaekspor.com/musyawarah-pembentukan-pengurus-himpunan-alumni-program-pascasarjana-epn-ipb-2024-berlangsung-sukses/


© 2024 ESL FEM IPB University