Pra Lokakarya Kurikulum Departemen ESL : Mempersiapkan Pengembangan Keilmuwan di tengah-tengah Tantangan dan Peluang

Dengan semangat perbaikan dan inovasi yang tinggi demi terwujudnya Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan yang lebih baik dari waktu ke waktu, dan terbentuknya lulusan yang berkualitas, maka Departemen ESL melaksanakan pra lokakarya kurikulum pada 10 Januari 2024. Pra lokakarya kurikulum menjadi bagian penting dari efektivitas implementasi kurikulum dan kualitas Pendidikan secara keseluruhan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen Departemen ESL.

Arah pengembangan Departemen ESL disampaikan oleh Prof Tridoyo, salah satu guru besar di Departemen ESL. Namun sebelum melaju ke pengembangan Departemen, diperlukan pemahaman terkait tantangan dan peluang yang dihadapi sekarang. “Perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, peningkatan kompetisi local maupun global, perubahan faktor-faktor internal maupun eksternal, serta peran penting sumberdaya dan lingkungan dalam Pembangunan ekonomi menjadi tantangan yang perlu diperhatikan Departemen ESL” ujar Prof Tridoyo. Identifikasi tantangan memungkinkan pimpinan departemen beserta dosen dapat merencanakan solusi dan strategi untuk mengatasi masalah potensial. Hal ini juga memungkinkan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan dan konteks lokal.

Dengan melakukan pra lokakarya kurikulum, institusi pendidikan dapat memastikan bahwa perubahan kurikulum terjadi secara mulus, dengan dukungan penuh dari pemangku kepentingan dan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Begitu juga halnya dengan Departemen ESL, sehingga pengembangan keilmuan ESL dapat berkontribusi besar dalam pembentukan lulusan dan berpartisipasi dalam pembangunan negara. (fdr)


© 2024 ESL FEM IPB University