Visi, Misi, Aksi: Membangun Masa Depan Departemen ESL melalui Rencana Strategis

Penyusunan Rencana Strategis (renstra) menjadi bagian penting dalam pengelolaan sebuah organisasi, termasuk dalam pengelolaan Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan. Renstra penting untuk mengarahkan dan mengelola sumberdaya secara efektif guna mencapai tujuan jangka panjang departemen. Tim penyusun Renstra Departemen ESL melakukan workshop penyusunan Renstra Departemen untuk 5 tahun ke depan dengan fokus pertimbangan yaitu mengarahkan organisasi dalam menetapkan visi, misi dan tujuan jangka panjang.

Hal penting yang dibahas dalam workshop yaitu strategi dan program pengembangan Departemen ESL tahun 2024-2028 dalam bidang pendidikan, bidang kemahasiswaan dan alumni, bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, bidang sumberdaya manusia, bidang Kerjasama, bidang prasarana dan sarana, bidang organisasi, dan bidang keuangan. Pembahasan ini bertujuan agar terdapat pengelolaan sumberdaya yang efektif, peningkatan kinerja, pengambilan keputusan yang terinformasi, peningkatan daya saing, akuntabilitas dan transparansi, koordinasi dan kolaborasi, adaptasi terhadap perubahan lingkungan, serta peninngkatan kepuasan stakeholder.

Selain itu, renstra departemen juga memperhatikan bagaimana proses monitoring dan evaluasi yang digunakan agar pengukuran ketercapaian tujuan dapat dilakukan dengan tepat. Perlu adanya penjadwalan periode evaluasi berkala untuk memastikan implementasi yang efektif. Melalui penyusunan renstra yang baik, diharapkan Departemen ESL dapat mencapai tujuan jangka Panjang, mengelola perubahan dengan lebih baik, dan menjadi lebih responsive terhadap tuntutan lingkungan. Hal ini memainkan peran kunci dalam memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang departemen. (fdr)


© 2024 ESL FEM IPB University